Potensi Wisata

Dusun-dusun

Saturday, August 12, 2017

SENJA DI BATU SULUNG



Karduluk merupakan desa yang kaya akan sumber daya alamnya, kemelimpahannya tidak hanya dalam segi potensi agraria dan ukirannya semata, jika dusun bagian utara seperti dusun Bandungan, Topoar dan Bapelle mengiming-imingi kekayaan dalam segi siwalan yang bisa digunakan sebagai tulang punggung untuk keluarga tujuh turunan, dusun bagian selatan di desa Karduluk memiliki potensi yang tidak kalah menarik.

Dusun bagian selatan mempunyai hamparan hutan siwalan yang menyaring udara sehingga udara menjadi bersih, ditambah letaknya yang dalam ketinggian mempengaruhi kualitas kesejukan membuat dusun-dusun utara terlihat asri. Dusun bagian selatan (Blajut) memiliki kenampakan tersendiri, karena wilayahnya berbatasan dengan laut, sehingga potensi aritim yang diandalkan oleh dusun ini. Pantai Batu Sulung adalah pantai yang ada di desa Karduluk yang terkenal karena memiliki sebuah gua. Jalan untuk menuju pantai ini cukup curam, pertama dari jalan raya di depan SDN Karduluk I ada gang kecil masuk ke selatan, kemudian masuk terus hingga menemui jurang yang cukup curam, akan tetapi jurang ini sudah memiliki tangga dari bebatuan pantai yang disusun oleh warga setempat.


Gua di Batu Sulung terbentuk dari tatanan batu pantai yang menjadi satu dan akhirnya membentuk formasi yang sedap dipandang mata. Debyuran ombak yang terkena terik matahari membuat air pantai menjadi berkilau ketika ombak menghantam salah satu dari tatanan indah tuhan tersebut. Ditambah lagi ketika senja datang, biasan jingga oleh induk tata surya yang bergaris lurus langsung mengenai corak indah batik di permukaan batuan di pantai ini, dan sapuan angin laut yang menerpa rambut serta harum khas pesisir membuat bibir tak ada hentinya untuk melakukan syukur.

0 comments:

Post a Comment