Potensi Wisata

Dusun-dusun

Saturday, July 29, 2017

TITIK SIMETRIS AWAN DAN LAUT



Setiap daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas tersebut bisa dalam bentuk makanan, adat, pakaian, atau keadaan alam. Kebanggaan akan alam, bisa karena adanya tempat wisata yang menarik dan didatangi banyak pengunjung sehingga tempat tersebut bisa dikatakan hitz Banyak orang berkata “Di daerah asalku terkenal akan bla bla bla”, atau “I Love bla bla bla”. Seiring kebanggan tersebut mereka tak sadar mengikis keasrian alam sendiri.
Karena terlalu terkenal dan dikunjungi lebih banyak orang, kemungkinan alam kehilangan keasriannya lebih besar. Hakikat tuhan menciptakan manusia dan alam adalah agar saling menguntungkan, karena adanya pernyataan “Bumi diciptakan untuk manusia”, kini salah satu telah dirugikan.
                Pemerataan fasilitas yang saat ini sedang digembor oleh pemerintah negeri ini nampaknya masih belum merata. Penjamahan wilayah terpencil kebanyakan hanya pengambilan sumber daya alam yang nantinya akan membangun sisi kapital, untuk terlihat saling menguntungkan, penduduk sekitar hanya dipekerjakan. Contohnya banyak, eksploitasi proyek semen di Tuban dan Rembang, setelah semuanya habis, tidak ada yang mau tau (kasus Gresik).
                Madura adalah pulau yang terletak di sebelah utara pulau jawa, pulau ini belum bisa dikatakan maju, industri di pulau ini masih berkutat di hasil laut, lainnya seperti meuble, tikar, dan makanan masih berputar di Usaha Kecil Menengah (UKM). Madura terdiri dari empat kabupaten, Sumenep adalah kabupaten paling timur di pulau ini. Pragaan merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Pamekasan, karena wilayahnya paling luar, perhatian untuk kecamatan ini cenderung tidak sebanding dengan kecamatan lain, ditambah lagi sumber daya yang kurang menarik. Desa karduluk salah satu wilayah dari kecamatan Pragaan, bagian selatan desa ini dilewati jalan raya antar kota.
                Karduluk memiliki 13 dusun, antar dusun dihubungkan oleh jalan desa.  Pusat desa di Karduluk terletak di Dusun Daleman, bagian utara desa adalah perbukitan, Dusun Bandungan, Bapelle, dan Topoar adalah bagian utara desa sekaligus sebagai batas desa. Separuh bagian desa terdiri dari hutan, banyak jenis flora yang hidup, banyak diantaranya adalah siwalan. Pohon siwalan hidup sama seperti rumput, tanpa dirawat akan tetapin bisa hidup suburJalan menuju tiga dusun tersebut hanyalah jalan setapak yang jarang dilewati oleh kendaraan, udaranya masih sejuk, setiap mata memandang adalah hijau pepohonan. Walaupun di pulau Madura tidak ada gunung, akan tetapi suasana pegunungan kental melekat ketika seseorang berkunjung, penduduk di wilayah tersebut terbilang jarang, terutama pada dusun Bandungan. Selain disuguhi pemandangan hijau nan sejuk, masih ada hal yang tak kalah  menarik, bibir pantai dan laut lepas terpampang indah dari titik ini, dan juga kumpulan awal yang terlihat begitu dekat. 
         Warga dari dusun perbatasan, baik Bandungan, Bapelle, dan Topoar tidak pernah memersalahkan fasilitas yang mereka dapatkan di sana, masyarakatnya tetap bisa bahagia walaupun dengan keadaan seadanya, tidak ada yang panik walaupun kurang tenaga listrik. Kekayaan Karduluk tidak akan mengalami ancaman eksploitasi kok, warganya sudah bisa memanfaatkan sumber daya mereka dengan baik. Untuk alam mereka? Silahkan menikmati suguhan sensasi berdiri diantara laut dan awan yang merupakan ciri khas desa ini. akan tetapi tetap jaga sikap dan saling menjaga.  Membiarkan desa ini asri adalah pilihan terbaik, untuk menjaga hakikat semestinya dari alam dan manusia.   
 

0 comments:

Post a Comment