Potensi Wisata

Dusun-dusun

Monday, August 8, 2016

Tarik Hati (Tikar Menarik Hati)

Tikar adalah hasil anyaman yang biasanya dipakai sebagai alas duduk atau tidur. Tikar biasanya dibuat dari daun kelapa, pandan, plastik, siwalan atau bahan lainnya . tikar yang terbuat dari daun kelapa sangat sederhana dan kasar dalam bahasa Madura disebut ghidang.
Yang akan kami deskripsikan kali ini yaitu mengenai tikar dari daun siwalan di desa karduluk, desa karduluk merupakan desa yang terdapat dipinggir pantai. Karena belum adanya pemanfaatan atau penanggulangan daun siwalan yang berkualitas,  maka masyarakat desa karduluk berinisiatif untuk membuat tikar  dari daun siwalan. Untuk pembuatannya yaitu menggunakan daun siwalan yang sudah di jemur sampai berwarna kekuningan lalu tingg menganyam atau merangkai satu persatu daunnya membentuk tikar.
Masyarakat desa karduluk merupakan salah satu masyarakat yang kreatifitasnya sangat banyak. Ada yang pengukir, pembuat tikar pembuat kue yang bisa di katakana bahwa belum ada diluar, dank arena itu hasil anyaman tikar yang dibuat oleh warga desa karduluk kec pragaan termasuk anyaman yang berkualitas dan sudah di kirim kemana-mana.

Dengan harga yang terjangkau yaitu Rp.13.000.00 masyarkat desa karduliuk menjual anyaman tikar ke pengepul dan akan dijual ke pabrik-pabrik seperti pabrik rokok atau lainnya. Salah satu pengepul yang terdapat di desa karduluk yang kami datangi yaitu umi rifa, beliau menjadi pengepul anyaman tikar kurang lebih sekitar 15 tahun dan bertempat di desa karduluk sudah 10 tahun. Tikar yang di jual pun juga berkualitas meski dijual pada pabrik-pabrik. Akan tetapi tidak semua anyaman tikar siwalan oleh masyarakat di jual kepada pengepul, ada yang untuk dipakai sendiri dirumah mereka.

Mayoritas masyarakat karduluk bisa membuat anyaman tikar siwalan, karena tidak terlalu sulit untuk mempelajari cara menganyam daun siwalan, untuk satu tikar yang luas nya 2-3 meter yang dikerjakan oleh 2 orang dan membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk membuat tikar, Dengan waktu secepat itu warga di satu rumah bisa membuat beberapa tikar sesuai pesanan dari pemesan. Dengan adanya ide untuk menggunakan daun siwalan, masyarakat dapat menambah mata pencaharian dan penghasilan yang ada di desa karduluk.

0 comments:

Post a Comment