Potensi Wisata

Dusun-dusun

Sunday, August 7, 2016

Si Manis Gula Merah dari Air Nira

Gula merah merupakan salah satu produk lokal asli dari desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Bisa dikatakan produksi gula merah di desa ini sangatlah besar dan menduduki peringkat pertama. Banyak sekali produk lokal di desa ini selain gula merah. Yaitu, (1) Mebel, (2) Tikar, (3) Jubadha’, dan (4) Nelayan. Semua itu merupakan produk asli dari desa Karduluk. Bisa kita lihat hampir disetiap rumah di salah satu dusun Daleman desa Karduluk ini memproduksi gula merah. Namun, yang membuat kita tercengang yaitu ketika melihat proses pembuatan gula merah ini. Karena, prosesnya tidak semanis gula merahnya. 
Proses pembuatan gula merah ini cukup lama. Proses awalnya yaitu mengambil air nira dari pohon siwalan. Itupun terkadang hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Karena, terkadang dalam satu hari hanya bisa mendapat setengan ember dari satu pohon. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pembuatan gula merah. Proses pembuatan inilah yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena, bisa mencapai waktu 5-8 jam dari proses awal sebelum pengadukan hingga siap dicetak. Tidak semua orang dapat memproduksi gula merah ini setiap hari. Karena, air nira yang didapat setiap harinya terkadang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dalam empat embernya saja terkadang hanya mendapat kurang lebih enam gula merah yang dicetak di baskom kecil setelah mendapat proses waktu yang cukup lama. Ini adalah proses pengadukan yang membutuhkan waktu cukup lama.
Proses pembuatan gula merah ini tidak segampang dengan apa yang kita pikirkan. Karena, tingkat kematangan menentukan hasil. Ketika proses pembuatannya itu terlalu tua maka gula merah yang dihasilkan akan mengeras dan jika terlalu muda maka hasil yang akan diperoleh yaitu tekstur gula merah yang elastis seperti karet. Jadi, tingkat kematangan harus benar-benar sesuai agar mendapat gula merah dengan kualitas yang bagus dan rasa yang dihasilkan ialah rasa manis bukan pahit. Semua itu tidak bisa kita anggap mudah, karena jika kita salah dalam proses itu maka semuanya akan sia-sia. Semua itu membutuhkan kerja keras, tekad, semangat, dan kesabaran agar diperoleh hasil yang sesuai. Semua itu bisa kita lihat dari semangat ibu-ibu sampai manula yang masih semangat membuat gula merah di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Semenep, Madura. Rasa manis dari gula merah ini pantas kita beri apresiasi yang besar. Karena, proses pembuatan gula merah ini sangatlah rumit dan harus berhati-hati. Proses pengambilan air nira dan produksi air nira menjadi gula merah ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli.
Si manis gula merah ini adalah produk yang bisa kita gunakan sebagai pemanis asli minuman, makanan, kue, sampai menjadi bumbu rujak yang memiliki rasa pedas manis ketika dicampur dengan cabai rawit. Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari air nira ini. Selain dibuat gula merah, air nira ini bisa diminum langsung dan dibuat minuman berupa es air nira.

0 comments:

Post a Comment