Potensi Wisata

Dusun-dusun

Sunday, August 7, 2016

Serunya Mengaji

Desa religius merupakan panggilan atau julukan yang cocok untuk Desa Karduluk Kecamatan Pragaaan Kabupaten Sumenep, karena keagamaan di desa tersebu bisa dikatakant cukup kuat. Kebanyakan setelah lulus SD, anak-anak di desa tersebut melanjutkan pendidikannya ke pesantren atau pondok. Awal pertama kali membaur dengan masyarakat di desa tersebut dan melakukan sholat berjamaah terus tadarus bersama, cukup mengejukan. Karena adik-adik yang mengaji suara serta tajwidnya sangat bagus meskipun umur mereka sangat muda sekali, jagi gugup kami saat mengaji bersama mereka, karena sepertinya cara mengaji mereka lebih bagus dari kami.

Namun sayangnya warga yang melakukan sholat jamaah di masjid tersebut sangat sedikit sekali, hanya warga yang sudah tua-tua yang berjamaah di masjid tersebut. Entahlah, pada kemana pemuda pemudi di desa tersebut. Tapi seru sekali berkumpul dan mengaji bersama adik-adik di desa tersebut, selain mendapat teman baru, kami juga mendapat pengalaman dan ilmu baru dari mereka. Kegiatan mengaji di desa tersebut seperti biasa yaitu setelah melakukan sholat maghrib berjamaah, kami beserta adik-adik di Desa Karduluk melakukan tadarus bersama. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dan sudah menjadi rutinitas atau kewajiban. Selain anak-anak kecil, rutinitas sholat berjamaah juga dilakukan oleh para orang tua tidak terkecuali warga yang sudah lanjut usia (para sesepuh).
Kami merasa sangat senang dapat melakukan sholat berjamaah di Masjid Karduluk bersama para warga dan juga adik-adik yang ada di Desa tersebut. Adik-adik yang sering mengaji bersama kami lucu dan cantik-cantik, mereka sangat mudah mengingat nama-nama kami (peserta KKN 21) sehingga kami mudah beradaptasi dan lebih kerasan di lokasi KKN Desa Karduluk ini. Karena masyarakat desa tersebut sangat welcome pada kami para peserta KKN UTM. Sekian dulu ya cerita dari kami, see you next di momen selanjutnya ….

0 comments:

Post a Comment