Potensi Wisata

Dusun-dusun

Monday, August 1, 2016

MENDALAMI DUSUN DALEMAN

Daleman adalah salah satu dusun di desa Karduluk. Jumlah penduduk dusun Daleman kurang lebih 700 jiwa dengan hak milik 670 jiwa dan jumlah kartu keluarga terdiri dari 150 Kartu Keluarga. Berdasarkan luas wilayah dusun Daleman terbagi menjadi 3 RT/RW, namun pembagian RT/RW tidak berfungsi karena sebagian masyarakat menggunakan pembagian dusun. dusun ini juga sebagai tempat tinggal Kepala desa Karduluk (Klebun).

Dusun Daleman memiliki beraneka ragam sumber daya seperti gula nira, meubel, tikar dan jagung. Sebagian besar masyarakat dusun ini memanfaatkan air nira menjadi gula merah. Seiring berkembangnya waktu masyarakat enggan memanfaatkan air nira menjadi gula merah, dikarenakan harga yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diproses serta pemuda pemudi dusun Daleman tidak ingin melanjutkan produksi gula nira tersebut. Masyarakat muda banyak beralih bekerja di meubel, sedangkan masyarakat yang sudah tua memanfaatkan daun nira untuk dibuat menjadi tikar. 


Adapun potensi lembaga yang ada di dusun Daleman terdiri dari  masjid dan yayasan. Di dusun Daleman terdapat 2 masjid, pertama masjid yang diasuh oleh K. Hamida atau K. Matsuri dan yang kedua masjid yang diasuh oleh K. Muhli. sedangkan lembaga pendidikannya terdapat 2 yayasan yaitu yayasan Al-Azizi yang terdiri dari jenjang pendidikan PAUD sampai MTs dan yayasan Al-Mizan yang jenjang pendidikannya dari TK sampai SD.
Lembaga TK Dusun Daleman
 Lembaga Paud Dusun Daleman
Potensi lembaga lainnya yaitu kelompok banjarian, kelompok pagar dosa yang diadakan setiap malem senin, kelompok tahlilan (khusus laki-laki) yang diadakan setiap malem kamis, kelompok muslimah (ibu-ibu sore) yang diadakan setiap hari kamis, kelompok koperasi wanita namun sudah tidak tidak berjalan lagi dan yang terakhir kegiatan khotmil Qur’an yang diadakan setengah bulan sekali setiap malem rabu.
Selain itu, di dusun Daleman ini terdapat beberapa kegiatan umun di dusun Daleman ini yaitu rutinan imtihanan, 1 tahun sekali sebelum puasa. Setiap lembaga yang ada di dusun Daleman ini semuanya melakukan kegiatan rutinan imtihanan. 

0 comments:

Post a Comment