Potensi Wisata

Dusun-dusun

Wednesday, August 10, 2016

Dusun Topoar Desa Karduluk

Desa Karduluk merupakan salah satu desa yang memiliki wilayah yang luas, salah satunya yaitu Dusun Topar. Dusun Topoar terletak di sebelah Timur Laut yang berbatasan langsung dengan kecamatan Ganding di sebelah Utara dan kecamatan Bluto di sebelah Timur. Dipimpin oleh seorang Kepala Dusun (APEL) bernama M. Rasyid. Kondisi tanah di dusun Topoar sangatlah subur dikarenakan dusun Topoar merupakan daerah pegunungan. Pemanfaatan lahan di Topoar diserahkan kepada pemilik lahan dan pemilik lahan bebas untuk melakukan budidaya sesuai dengan musim yang berkangsung. Aksesbilitas mudah dijangkau meski terkendala dengan kondisi jalan yang yang rusak karena kendaraan bermotor masih dapat melintas. Jarak dusun Topoar ke desa Karduluk sejauh 7 Km. Dengan waktu tempuh dari  Kota Sumenep ke  Dusun Topoar selama 45 menit.
Untuk perekonomian, sebagian besar masyarakat dusun Topoar bermata pencaharian sebagai pembuat gula merah dari nira siwalan dan pembuat tikar dari daun siwalan. Sebagian lagi berprofesi sebagai pembuat mebel dan pedagang.  Terdapat beberapa pengepul dari gula merah dan tikar dari daun siwalan diantaranya; Zaituna, Kodri, Hanah, H. Holis, H. Zainab, H. Romlah , H. Helmi, H. Farizi. Terdapat 300 kepala keluarga di dusun Topoar, atau jika dihitung secara keseluruhan terdapat 904 penduduk yang tinggal di topoar.

Mayoritas penduduk Dusun Topoar merupakan masyarakat muslim, sehingga tidak mengherankan banyak tempat-tempat ibadah di dusun ini. Setidaknya terdapat 3 masjid dan 8 musolla. Masjid yang di dusun Topoar meliputi An Nur di yayasan Nurul Ulum, di yayasan Al Islam, dan di yayasan Ibnu Salim. Sedangkan, musollanya yakni Al Husen, Al Farizi, An Nur, Al Hasib, Sabilul Muttaqin, As Salim, Al Munaqibi, dan Ar Rohmah.
Di dusun Topoar juga terdapat 3 yayasan meliputi Nurul Ulum, Al Islam, dan Ibnu  Salim. Di yayasan Nurul Ulum terdapat PAUD, RA (Roudhotul Adfal), MI, Diniyah, dan MTs. Di yayasan Al Islam terdapat PAUD, RA, MI, dan Diniyah. Di yayasan Ibnu Salim terdapat Diniyah.
Dusun Topoar seringkali melakukan kegiatan-kegiatan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga seperti:
1.      Kelompok Muslimat pada hari Jumat ba’da sholat Jumat.
2.      Shalawat berzenji pada Sabtu malam.
3.      RKK
4.      Kelompok Tahlilan pada Senin malam.
5.      Gamelan/Kenong Tello’ pada Selasa malam.
6.      Hadrah pada Sabtu malam.
7.      Drumband dan Terbhang, latihan dilakukan pada saat mendekati acara.
8.      Kelompok pemuda meliputi As-Sofii (kelompok pertanian) dan pemuda masyarakat.
9.      Imtihanan dilaksanakan setahun sekali.

0 comments:

Post a Comment