Potensi Wisata

Dusun-dusun

Wednesday, August 10, 2016

Dusun Moralas Desa Karduluk

Dusun selanjutya yang terdapat di Desa Karduluk merupakan dusun Moralas. Dusun Moralas berbatasan langsung dengan kecamatan Bluto pada bagian Timur dan dibagian Utara berbatasan dengan dusun Topoar. Bapak Samuji merupakan pimpinan dusun atau Kepala Dusun yang menjembatani hubungan antara warga dengan perangkat desa. Dusun Moralas termasuk sebagai dusun yang memiliki kondisi lahan yang subur. Oleh karena itu, selain sebagai pengrajin mayoritas penduduknya adalah petani siwalan atau gula nira siwalan.

      Potensi desa yang ada di dusun Moralas yaitu siwalan (air nira), gula merah, tikar, mebel, tikar, dan jagung. Potensi yang sangat besar ialah siwalan (air nira), gula merah dan tikar. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai penghasil siwalan (air nira) yang diolah menjadi gula merah dan tikar, sebagiannya lagi sebagai pekerja mebel dan penghasil jagung. Beberapa warga juga berprofesi sebagai penyedia daun siwalan muda yang sangat diminati oleh penduduk Bali, sehingga proses pengiriman daun siwalan ini kerap menjadi tambahan perekonomian masyarakat dusun Moralas.

Dusun Moralas memiliki jumlah penduduk sebanyak 600 jiwa dari 300 kepala keluarga yang menempati wilayah Moralas yang terbagi dalam 9 RT. Di Dusun Moralas terdapat satu masjid dan empat musolla. Namun di dusun ini tidak terdapat yayasan ataupun sekolah sehingga anak-anak yang di dusun ini bersekolah di dusun tetangga. Dusun Moralas melakukan kegiatan-kegiatan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga seperti:
1.      Muslimat pada Selasa sore, dan sholawat berzenji pada Senin malam.
2.      Kelompok pemuda yang ada di dusun Moralas ialah arisan tongtong pada Minggu malam dan yasinan tiap tanggal 15.
3.      UMKM yang ada di dusun Moralas yakni pengepul gula merah sebanyak dua dan pengepul tikar sebanyak satu.

0 comments:

Post a Comment