Potensi Wisata

Dusun-dusun

Monday, August 1, 2016

Dusun Blajut Desa Karduluk

Dusun Blajut  adalah salah satu  Dusun yang mayoritas warganya bekerja sebagai mebel (seni ukir) yang terletak di kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Dusun Blajut terdiri dari empat RT dengan jumlah penduduk kurang lebih 11.000 dan hak milik kurang lebih 1.000 penduduk. Sedangkan potensi yang ada di Dusun Blajut diantaranya mebel, pembuat jubadha, pembuat tikar, nelayan, dan  petani. Penduduk di Desa Blajut rata-rata bekerja sebagai mebel kurang lebih 90 % pemilik usahanya, sedangkan yang bekerja sebagai pembuat “Jubadha” 25% dan untuk nelayan yang produktif  hanya sebesar 15 %, petani jagung hanya 25 %, pembuatan tikar hanya 5% hanya terdapat satu orang saja yang ditekuni dari dulu,  dan  gula nira 0%  dikarenakan tidak ada penduduk yang berminat untuk memanjat pohon siwalan karena pohonnya yang tinggi dan penghasilannya pun sedikit. 
Adapun potensi lembaga di dusun Blajut yaitu terdapat masjid atau musolla disekitarnya, diantaranya nama-nama musolla di Dusun Blajut Sabilul Muttaqin, Darussalam, Nurul Hilal, Zairosi dan masjid Adtaqwa. Sedangkan kegiatan atau kelompok muslimah seperti RKK yasin tahlil yaitu acara arisan atau mengumpulkan dana untuk mempersiapkan perlengkapan orang mati, RKK tahlil disetiap ada orang meninggal dunia harus di tahlili, Hadroh solawat nabi, muslimatan solawatan.
Berikut adalah salah satu masjid dan lembaga di dusun Blajut
Dan untuk acara kegiatan Dusun Blajut khususnya di lembag sekolah Mts An-najah seperti Imtihanan atau karnafal untuk memeriahkan acara pelulusan siswa-siswi yang diadakan oleh sekolah biasanya hanya satu tahun sekali menjelang puasa saja

0 comments:

Post a Comment