Potensi Wisata

Dusun-dusun

Monday, August 1, 2016

Dusun Bapelle Desa Karduluk

Dusun Bapelle merupakan salah satu dusun dari 13 dusun yang ada di Desa Karduluk. Dusun Bapelle yan terdiri dari 250 jiwa ini menggantungkan hidupnya pada gula merah dan sisanya menganyam tikar, meubel, pertanian dan nelayan.
Sebanyaknya 65% penduduk di Dusun Bapelle mengelolah gula merah. Pembuatan gula merah juga dilauka dengan cara yang tradisional. Selain itu juga pembuatan gula merah dilakukan oleh kaum perempuan yang teah lanjut usia. Sedankan untu anyaan tikar dibuat sebagai bentuk untuk memanfaatkan daun pohon siwalan. Dalam sehari, satu rumah dapat menghasilkan 2 tikar dengan panjan 1 x 2m. tiap tikar dijual kepada pengepul dengan harga Rp 12.000 – 30.000. Lahan-lahan tanah yang berada di dusun Bapelle ditanami oleh tanaman jagung. Pertanian dalam menanam jagung juga sangat membantu perekonomian di dusun Bapelle. Ada beberapa penduduk di dusun Bapelle yang juga membuat meubel meskipun dusun Bapelle termasuk wilayah pelosok. Sedangkan yang bekerja sebagai nelayan dapat terhitung jumlahnya.
Dusun Bapelle juga telah memiliki UMKM seperti Koperasi Simpan Pinjam yang bertempat langsung dirumah Kepala Dususn. Selain kegiatan ekonomi aktivitas lain yang dilakukan di Dusun Bapelle adalah perkumpulan pengajian yasinan maupun sholawatan.

Di Dusun Bapelle pembangunan lembaga juga terbilang cukup baik terdapat beberapa lembaga pendidikan yaitu PAUD,MI, dan MTS. Selain itu dusun Bapelle juga telah membangun masjid sebagai tempat peribadatan maupun kegiatan Islam yang ada di Dusun Bapelle.

0 comments:

Post a Comment