Potensi Wisata

Dusun-dusun

Monday, August 1, 2016

Dusun Bandungan Desa Karduluk

Penduduk di dusun bandungan termasuk banyak, menurut analis, penduduk dusun bandungan berjumlah 750 penduduk dan pemilik KK(kartu keluarga) berjumlah 550.
Dari sekian banyaknya penduduk di dusun bandungan, mayoritas dari penghasilan yang mereka dapatkan yaitu dari gula merah.
Untuk penghasil gula merah didaerah di dusun bandungan sangatlah banyak, sekitar 90% masayarakat bandungan adalah penghasil gula merah karena berada di lingkungan perbukitan dan untuk pekerja tikar, masyarakat bandungan sendiri berkesimpulan tidak ingin jika daun siwalan di sia-siakan, sehingga meskipun pekerjaan membuat tikar dari daun siwalan adalah pekerjaan sampingan akan tetapi 70% masyarakat bandungan membuat tikar dari daun siwalan.
Di dusun bandungan masyarakatnya juga bertani jagung, akan tetapi untuk petani jagung di dusun bandungan juga termasuk musiman, ketika sudah masuk musim menanam jagung, sekitar 40% masyarakat bandungan bertani akan tetapi gula merah tetap akan menjadi pekerjaan utama bagi masyarakat bandungan.
Sedangkan pengusaha mebel sendiri di dusun bandungan tidak begitu banyak, sekitar 30% masyarakat dusun bandungan yang bekerja mebel karena butuh keahlian mengukir dan dana yang sedikit besar dibanding penghasil gula merah (air nira) dan tikar.
Di dusun bandungan terdapat pendidikan Yang cukup maju, yang mana pendidikan ini berupa yayasan dan terdiri dari MI (madrasah ibtidaiyah), MTS, SMP, MA, dan pendidikan diniah. Didusun bandungan sendiri terdapat satu masjid yang cukup besar yang terdapat di yayasan pondok pesantren. Yang mana masjid itu sendiri dibuat untuk tempat ibadah setiap hari oleh masyarakat sekitar dan santri yang ada disana

0 comments:

Post a Comment