Potensi Wisata

Dusun-dusun

Wednesday, August 10, 2016

Apa Itu MATSAMA?

Masa Orientasi Siswa atau biasa disebut MOS biasanya dilakukan untuk siswa yang baru memasuki jenjang kelas 1 SMP/MTS atau SMA/MA. Namun, saat ini di MTS An Najah I dikenal dengan sebutan Matsama. Matsama merupakan singkatan dari Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tsanawiyah AN Najah I. Matsama dilaksanakan selama 3 hari dan sehari untuk masa pra-Matsama dan halal bihalal.
        Tim KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) devisi pendidikan diberikan tanggung jawab oleh kepala sekolah dan guru MTS AN Najah I untuk melaksanakan Matsama. Kami bersyukur dapat diterima dengan baik oleh pihak sekolah dan siswa-siswa AN Najah I. Kegiatan ini mungkin dapat dikatakan mudah akan tetapi, kami menyiapkan dengan baik dan matang untuk pelaksanaan hari pertama hingga penutup di hari terakhir.

           Hari pertama diawali dengan pelaksanaan upacara pembukaan Matsama. Upacara dilakukan dengan membentuk petugas upacara dari siswa baru kelas 7 MTS An Najah I yang di dampingi dengan panitia dari tim KKN 21 UTM. Upacara pembukaan Matsama menjadi bekal kami untuk membuktikan bahwa tim KKN 21 UTM mampu melaksanakan tanggung jawab terhadap kegiatan tersebut. Upacara ini diikuti oleh kepala sekolah sebagai pembina upacara dan para guru MTS AN Najah I.

       Pada hari pertama setelah melakukan upacara pembukaan siswa dibentuk menjadi delapan kelompok yang terdiri atas empat kelompok putra dan empat kelompok putri yang kelompok tersebut diberi nama para pahlawan Indonesia. Nama kelompok meliputi Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Bung Tomo, dan Jendral Sudirman untuk kelompok putra sedangkan kelompok putri yaitu Kartini, Cut Nyak Dien, Cut Mutia, dan Fatmawati. Selanjutnya, siswa melakukan tes pemetaan kemampuan dan bakat siswa baru yang dilaksanakan oleh guru dan tim KKN 21 UTM, permainan, dan pemberian penugasan individu untuk hari kedua.

          Hari kedua dimulai dengan senam bersama siswa baru di pimpin oleh tim KKN 21 UTM. Siswa juga diberikan motivasi saat pelaksanaan Matsama sebelum menerima materi. Materi di hari kedua mengenai pengenalan kelembagaan yang disampaikan oleh bapak Asis, S.H.I., M.Pd.I. sedangkan materi kedua yaitu akhlak dan etika santri yang disampaikan oleh bapak Mukti, S.pd.I.

     Kegiatan hari ketiga sedikit terganggu yakni kegiatan Go Clean di lingkungan sekolah dikarenakan turun hujan di pagi hari. Kegiatan ditunda dengan pemberian motivasi oleh tim KKN 21 UTM dan juga berbagai permainan agar siswa tidak mudah bosan dalam menerima materi. Materi pertama yaitu sejarah pondok pesantren An Najah I yang disampaikan oleh bapak Muhammad Imam, S.Ag., materi kedua pengenalan kesiswaan oleh bapak Fathorrasyid, S.HI., dan pengenalan kurikulum oleh bapak Aidi, S.Pd.I. Acara pada hari ketiga sekaligus hari penutup kegiatan Matsama di MTS An Najah I.

Siswa baru menuliskan surat untuk kakak dari tim KKN 21 UTM kemudian dilakukan dengan pembacaan surat kakak terbaik dan kakak terjahat. Kakak yang mendapatkan surat terbaik paling banyak ialah Fela Amirotun Nadhiroh dan yang mendapatkan surat kakak terjahat ialah Rini Fitriani. Siswa menuliskan surat yang beragam mulai dari berkata baik karena suka mengajak bermain (kak Fela), sebutan kak Arum Manis, kak Alul yang marah namun tetap cantik, adik-adik meminta nomor ponsel kak Farita, kakak yang cuek dan kurang aktif (kak Ida), kakak yang langsung punya banyak penggemar si kak Ali dan kak Insan, kakak bersuara besar alias kak Huda, kak Lutfi yang unyu-unyu, dan kak Rini yang katanya suka marah dan bikin dag dig dug adik-adik MTS An Najah I. Setiap tulisan yang mereka sampaikan membuat kami merasa semakin dekat dan merasa nyaman berada di MTS An Najah I.
          Selain itu, pada hari penutupan juga dinobatkan kelompok terbaik. Kelompok terbaik putra diberikan kepada kelompok Ir. Soekarno dan kelompok putri yaitu kelompok Fatmawati. Kepala sekolah dan guru An Najah I memberikan apresiasi terhadap pelaksanaannya. Kami tidak menutup diri untuk menerima berbagai saran dan kritikan dari kepala sekolah dan guru MTS AN Najah I. Kami sangat senang dan berterima kasih kepada pihak sekolah MTS An Najah I yang telah memberikan kami tempat untuk melakukan pengabdian. Kami akan selalu merindukan kejadian-kejadian Matsama bersama adik-adik MTS An Najah I.

0 comments:

Post a Comment